Perbedaan antara Oracle dengan Mysql

16 12 2010

oracle dengan mysqlSebelum belajar Oracle, ada perlunya lho ngerti apa yang dinamakan database di MySql dan juga di Oracle. kenapa penting? soalnya emang beda

hehe, kalo di MySQL biasanya kita bikin 1 database untuk tiap project yang kita buat, dan dalam database itu kita buat tabel-tabel yang diperlukan dalam project yang sedang kita buat.

nah berbeda dengan Oracle. biasanya di Oracle kita membuat 1 database. nah dalam database itu ada yang namanya Schema. dan baru dalam shcema itu ada tabel-tabel. jadi urutannya DATABASE –> SCHEMA –> TABLE

jadi biasanya kalo di oracle, kita membuat 1 shcema untuk 1 project yang kita buat  dan dalam schema itulah kita buat tabel-tabel yang diperlukan dalam project

selain itu biasanya kalo di MySQL kita membuat user trus dikasih grand ke user tersebut untuk mengakses database atau tabel tertentu, selain itu biasanya untuk membuat database kita tidak perlu membuat user.

nah berbeda dengan oracle, kalo kita membuat shcema baru otomatis kita harus membaut user baru untuk schema tersebut  , tapi bisa juga user yang kita gunakan mengakses schema milik user lain dengan cara ngasih grand lewat user SYSTEM atau kalo di MySQl lebih dikenal dengan ROOT

nah mudah2an info ini bisa jadi pencerahaan perbedaan database di oracle dan mysql,

heheheh, cu

PERBEDAAN SQL DAN ORACLE

Mungkin sama saja dengan VB, Delphi dan Foxpro.

Bedanya MS SQL dan Oracle itu nggak gratis tetapi MySQL gratis.

MS SQL dan Oracle sudah memakai bahasa pemograman yang disebut PL/SQL juga ada store procedurenya.

PJPNuke itu software Content Management System (CMS) yang free berbasis PHP yang berfungsi untuk mempuat web dinamis seperti portal

yang saya tau, oracle database itu digunain untuk database yang guede or besar dan ada yang menyebutkan konon katanya (lupa sumbernya) untuk membuat database antar benua itu cukup dengan menggunakan 1 database oracle.

cuman masalhnya karena oracle itu dibwt untuk menangani database yang besar otomatis oracle database ini membutuhkan spesifikasi sistem yang tinggi.

kalo MySQL itu benar kata goku, GRATIS. dan versi yang terbaru sekarang kemampuannya sudah banyak berkembang.

SQL? MSSQL kali… MSSQL itu DBMS buatan Microsoft yang tidak gratis. MSSQL biasanya digunain untuk pemakaian database menegah ke atas (besar). karena dbms ini bwtan microsoft, otomatis dibwt agar dapat lebih mudah digunakan en kerjanya lebih maksimal dalam lingkungan microsoft (ASP, keluarga .NET, IIS, dll).


Aksi

Information

2 responses

17 12 2010
anang nurcahyo

posting menarik..
salam kenal..

18 12 2010
achmadsetiyanto

Terima kasih…salam kenal juga

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: